Monday, January 7, 2013

Menghadiri Seminar Kemajuan

Pagi tadi, 7.30, ada sebuah BBM di grup dari pembimbing saya yang isinya, pemberitahuan agar seluruh mahasiswa S3 bimbingan beliau dapat ikut serta menghadiri seminar kemajuan salah satu senior yang dimulai tepat pkl 08.00.

Ketika BBM diterima saya masih di rumah, jadi datang agak terlambat. Untungnya, walau terlambat 20menit, saya tetap diijinkan masuk. Lagipula, sepertinya acara belum lama dimulai, karena slide presentasi masih ada di awal, bercerita tentang 'latar belakang'.

Sedikit saya ceritakan, seminar kemajuan itu adalah presentasi perkembangan riset yang dilakukan oleh mahasiswa S3. Di ITB sendiri, kalau saya lihat, setiap sidang kemajuan dihadiri oleh pembimbing (biasanya terdiri dari 2-3 orang) dan seorang penguji. Idealnya, seminar ini dilakukan sebanyak 4 kali. Setelah itu, baru setiap mahasiswa S3 harus sidang tertutup, lalu dilanjutkan sidang terbuka, hingga akhirnya dinyatakan lulus (jika berhasil).

Buat saya, pengalaman menghadiri seminar kemajuan ini sangat berharga. Belajar bagaimana senior saya mempresentasikan risetnya dengan begitu tenang dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan baik.

Selain itu, saya juga mendapati macam pertanyaan yang diajukan penguji seminar pagi tadi, mirip dengan pertanyaan yang diajukan para penguji proposal penelitian saya dulu. Apa pertanyaan itu? tiada lain adalah kontribusi dan state of the art yang jelas. Ya, dari keseluruhan, sebagai lulusan S3, 2 pertanyaan itulah yang wajib ada dan harus jelas ditunjukkan. Kalau bisa ditambahkan satu lagi, yaitu impact.

Oke, sudah tahu apa yang harus dicari. Ayo lanjutkan perjuangan! ;)

No comments:

Post a Comment