Monday, June 2, 2014

Ketika Dosen Memberi Tugas, Maka Bersyukurlah

Lulus kuliah dari jurusan teknik informatika, ilmu komputer, sistem informasi atau jurusan yang serumpun lainnya yang sangat dibutuhkan untuk dimiliki adalah 'skill', kemampuan, keahlian. Bukan semata-mata nilai IPK.
Bagaimana kita mengasah 'skill' ? Salah satunya adalah karena tuntutan tugas dosen. 
Pengalaman pertama saya bekerja setelah lulus kuliah S1 adalah sebagai programmer flash. Kemampuan itu saya miliki ketika masa kuliah terpaksa harus mengerjakan tugas dari dosen. Walau secara otodidak dan benar-benar belajar dari nol, namun perjuangan itu terasa ketika sudah bekerja. Itulah pekerjaan pertama sebagai programmer flash. Bisa, karena tugas kuliah. 

Akhir-akhir ini pun, ketika saya harus mewawancarai programmer, yang ditanya adalah bukan 'berapa nilai IPK?' melainkan 'bisa ngoding bahasa apa saja?' atau 'pernah bikin apa saja?'. Nah, kalau sebagai fresh graduate, mau jawab apa kalau bukan dari hasil tugas-tugas kuliah..?

Jadi, ketika dosen memberi tugas untuk membuat aplikasi apapun itu, maka.. Bersyukurlah dan kerjakan sebaik mungkin! walau tugas kelompok, tapi tetaplah berusaha untuk dapat mencobanya sendiri. Bukan mengandalkan teman. Itulah modal terbesar untuk dapat survive ketika sudah lulus kuliah. 

No comments:

Post a Comment