Friday, January 17, 2014

Curhat Riset

Mengenai riset, saya sering merasa hopeless.. Bukan patah semangat karena saya tidak merasa mampu, tapi karena bahan dan materi-materi mengenai topik riset itu sulit saya dapatkan. Sekarang ini, bahan saya hanya dari video-video online learning dan paper-paper dengan materi yang nampaknya hanya 1/3-nya dari topik riset. Itupun setelah saya bergabung dengan komunitas internasional yang memiliki topik riset sama.

Padahal, saya harus bisa memahami materi yang lebih luas. Saya berusaha untuk mencari 2/3-nya lagi, tapi saya khawatir ini memakan waktu yang sangat lama, melebihi masa kuliah yang seharusnya. Belum lagi, memang karena ada pekerjaan lain yang memakan waktu riset. Fiuh.

Hambatan S3 ini memang luar biasa.. Namun, harus tetap semangat menjalani :)

No comments:

Post a Comment