Wednesday, November 27, 2013

Belajar Terus

Salah satu kegiatan saya adalah mengajar mahasiswa teknik informatika. Mata kuliah yang saya ampu sekarang ini adalah interaksi manusia komputer dan pemrograman visual. Saya mengajar karena saya suka. Hal sederhana yang membahagiakan.

Dulu, salah satu dosen saya pernah bilang, 'enaknya jadi dosen adalah kita punya kesempatan untuk terus belajar, upgrading diri tentang ilmu informatika.. '

Ketika itu tidak banyak makna dari kalimat tersebut yang saya tangkap, hanya entah kenapa tersimpan baik dalam ingatan. Saat itu saya berpikir profesi apapun memang harus belajar terus, tapi, sekarang baru terasa maknanya bagaimana. Dibandingkan dengan profesi lain seperti programmer, DBA atau lainnya yang lingkup belajarnya akan terbatas pada tools atau bahasa pemrograman yang memang digunakan di tempatnya bekerja, menjadi dosen informatika dituntut untuk terus menyampaikan materi ajar yang update. Ilmu komputer, teknik informatika dan jurusan serumpunnya memang bukan jurusan yang stagnan. Jurusan-jurusan tersebut terus berkembang. Materi saat saya kuliah S1 dulu, bisa jadi sudah tidak reliable jika saya sampaikan ke mahasiswa saya sekarang.. dan nyatanya memang tidak.

Alhasil, saya harus googling lagi, belajar lagi, mencari banyak referensi. Baca sana sini. Terkadang kaget juga, bahwa apa yang saya dapatkan dulu ternyata sudah sangat basi sekarang.. hihi. Kelebihan lagi dari mengajar, saya jadi terus belajar materi baru, update.. Pokonya belajar terus! :)

3 comments: