Sunday, November 3, 2013

Belajar Membuat Bisnis Model

Oke, isi blog ini memang random. Saking randomnya, isi posting yang satu ini bahas tentang membuat bisnis model.. Sebagai orang dengan basic teknik, membuat bisnis model adalah sesuatu yang baru untuk saya. Bukan perkara mudah memang, tapi harus dibuat.

Sebelum ini, saya pernah membuat bisnis model untuk persiapan pitching di acara hackathon. Dari sanalah saya pertama kali dengar lean canvas. Dari sana pulalah pertama kali saya membuat bisnis model.

Lean Canvas ini membimbing pola pikir kita untuk merancang strategi bisnis dari produk yang kita buat. Secara pribadi, lean canvas ini mudah untuk saya gunakan. Saya belum punya perbandingan dengan canvas bisnis model yang lain, tapi lean canvas ini worthed untuk dijadikan guidance. Mau coba?

Ini ada tutorial dari youtube untuk mengisi lean canvas. Dari 20 menit menonton, saya mencoba membuat bisnis model dalam 4 jam.. dan itu adalah bisnis model yang akan diceritakan pada investor sungguhan. Entah benar atau tidak, masih butuh diskusi banyak dengan orang bisnis. Hanya saja, hal terpentingnya, bisnis model produk saya selesai. hehe.. :P

1 comment: