Monday, January 21, 2013

Pendidikan Demi Kemajuan Negara

Saya pernah mendapat tugas untuk mewawancarai guru besar di ITB. Setelah melihat daftar nama guru besar, saya tertarik pada salah satu guru besar di FMIPA - Kimia. Beliau adalah Prof. Ismunandar. Setelah googling, ternyata beliau adalah guru besar termuda di ITB.

Menurut beliau, Indonesia itu negara besar dan masih memiliki banyak masalah. Dari sisi pendidikan, kualitas guru saja masih rendah, apalagi siswanya. Jangan hanya berbicara kuantitas saja, tapi juga kualitas. Sumber utamanya ada pada pendidikan. Namun, kita pun berhak untuk optimis, Indonesia memiliki jumlah penduduk dengan usia produktif yang besar sehingga dapat meringankan beban, dengan syarat orang tersebut mampu menjadi orang yang produktif dengan baik. Klaim tadi jelas harus diterjemahkan dengan membimbing anak dengan baik, mengutamakan pendidikan sehingga generasi yang lahir, yang produktif nanti adalah generasi yang baik.

Ya, saya setuju dengan pendapat beliau. Demi kemajuan negara Indonesia, semua anak Indonesia harus bisa mendapatkan pendidikan yang baik. Cita-cita saya, ingin sekali meluangkan banyak waktu untuk dapat mendidik dan mengarahkan anak saya kelak. Semoga tercapai.. :)

No comments:

Post a Comment